Mengenal Jenis-Jenis Drama Dan Unsurnya

Mengenal Jenis-Jenis Drama Dan Unsurnya – Banyak sekali orang yang mengetahui tentang pertunjukan drama, tapi jarang sekali orang yang mengerti dan memahami bagaimana sejarah pementasan drama, ataupun dari mana istilah drama berasal. Kata Drama berasal dari Yunani. Drama dalam bahasa Yunani sering disebut dengan draomai yang berarti ‘bertindak’, ataupun ‘beraksi’. Drama sendiri adalah tiruan kehidupan manusia yang tampilkan di atas pentas atau panggung.

Kata Drama berasal dari
Kata Drama berasal dari

Pengertian Kata Drama

Drama dalam arti luas adalah suatu bentuk kesenian yang biasanya mempertunjukkan sifat-sifat atau budi pekerti manusia dengan gerakan dan juga percakapan di atas pentas atau panggung. Bentuk seni ini bertujuan menggambarkan kehidupan manusia dengan menyampaikan pertikaian, perbedaan dan juga emosi melalui tindakan dan juga dialog. simak juga tentang Drama China tentang CEO

Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa Kata Drama berasal dari Bahasa Jawa yaitu Sandiwara atau sandi dan warah. ‘Sandi’ yang memiliki arti ‘tersembunyi’ dan ‘Warah’ yang berarti ‘ajaran’. Dan ketika digabungkan, sandiwara memiliki arti ajaran yang tersembunyi dari tingkah laku, maupun percakapan.

Dengan melihat suatu pertunjukan drama, penonton pastinya seolah-olah melihat kehidupan dan juga kejadian yang biasa terjadi di masyarakat pada umumnya. Hal ini terjadi karena drama sendiri merupakan potret kehidupan manusia. Drama ini mencakup kedua bidang seni, yaitu seni sastra dan seni peran/pentas. Sebuah naskah drama tentunya akan menjadi lengkap/utuh dan lebih keren ketika sudah dipentaskan.

Unsur-Unsur Kata Drama berasal dari

Dalam sebuah pementasan drama, tentunya ada beberapa unsur yang harus diperhatikan untuk bisa menjadikan sebuah pementasan drama lebih nyata, bagus, dan juga menggambarkan pesan yang disampaikan oleh  pementas drama kepada penonton. Unsur-unsurnya antara lain ; dialog, tokoh, dan juga setting.

SIMAK  Simak Yuk, Inilah Cara Download Angkot The Game Pc

Dialog

Unsur drama ynag satu ini tentunya sangat berpengaruh dalam pementasan drama, karena merupakan isi dari percakapan yang biasanya juga mewakili karakter dari tokoh yang memerankannya, setiap dialog yang ada di dalam pementasan biasanya sudah disusun dan ditetapkan bersama dalam bentuk suatu naskah.

Tokoh

Unsur tokoh biasa disebut juga dengan pemeran, atau orang yang ditugaskan untuk memerankan suatu karakter sesuai dengan naskah drama. Kata Drama berasal dari Indonesia di isi dengan tokoh dibagi menjadi 3 jenis, yaitu tokoh utama, tokoh pembuat konflik dan juga tokoh pendamping atau figuran.

Setting

Hal yang terpenting selain dialog dan tokoh adalah setting atau panggung, karena panggung harus bisa menggambarkan suasana, keadaan, tempat dan juga waktu dalam pementasan drama. Sehingga setting panggung yang bagus juga dapat menarik para penonton untuk bisa masuk ke dalam cerita yang disuguhkan. perhatikan juga tentang best zombie game PC

Nah, itulah pengenalan tentang drama dan juga unsur-unsur drama. Ternyata kata Drama berasal dari berbagai daera ya. meskipun sulit, tapi drma sangat menarik ya untuk ditampilkan dan juga ditonton oleh khalayak ramai. Semoga srtikel ini dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan atau pemahaman tentang drama dengan baik.