Mengatasi Hipertensi Pada Ibu Hamil

Tips mengatasi hipertensi pada ibu hamil ada bermacam-macam jenisnya. Masalah pada ibu hamil juga sangat banyak jenisnya. Namun masalah tersebut tidak ada yang tidak memiliki solusi pasti semua ada solusinya. Hipertensi bisa menjadi salah satu masalah saat kehamilan berlangsung. Mengalami hipertensi pada waktu hamil sangat penting dipantau setiap waktu dan setiap melakukan check up ke bidan dalam waktu sebulan sekali tekanan darah pasti selalu di kontrol. Penyakit ini bisa terjadi karena faktor genetik serta bisa juga terjadi karena bukan dari faktor genetik.

Banyak bermacam-macam jenis hipertensi pada saat kehamilan berlangsung. Berikut ini akan dijelaskan berbagai jenis ibu hamil yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi diantaranya yaitu :

hipertensi pada ibu hamil
hipertensi pada ibu hamil
  • Hipertensi gestasional. Biasanya ibu hamil mengalami penyakit hipertensi pada kandungan saat usia kandungannya melebihi dari 20 minggu. Hipertensi gestasional sering dikenal dengan tanda-tanda tidak adanya kerusakan bagian organ dimanapun dan tidak memiliki protein yang berlebihan pada urin tersebut. Tetapi tidak semua di alami oleh ibu hamil. Ada beberapa ibu saat kehamilan mengalami perkembangan menjadi sebuah penyakit komplikasi pada masa kehamilan dan ditandai dengan adanya tekanan darah yang tinggi.
  • Hipertensi kronis. Penyakit tersebut berbeda dengan hipertensi gestasional karena hipertensi kronis bisa terjadi saat usia kandungan kurang dari 20 minggu. Gejala tekanan darahnya sangat sulit untuk dideteksi serta sangat sulit untuk mengetahui kapan terjadinya tekanan darah tinggi.
  • Hipertensi kronis dengan preklamsia. Jenis ini sudah terjadi saat sebelum kehamilan serta pada waktu hamil bisa tambah berkembang penyakitnya. Tanda dan gejalanya biasa sering muncul protein pada urin yang berlebihan serta komplikasi penyakit tersebut bisa terus berkembang pada waktu kehamilan.
  • Preklamsia adalah suatu komplikasi saat hamil yang ditandai dengan adanya darah tinggi dan terjadi kerusakan pada bagian organ lainnya serta terjadi pada saat usia kandungan kurang dari 20 minggu.

Upaya yang perlu dilakukan pada hipertensi pada Ibu hamil

Dari macam-macam jenis tersebut jika tidak ditangani langsung akan berbahaya pada kondisi janin yang ada. Berikut ini akan dijelaskan berbagai cara dan jenis untuk mengatasi Hipertensi pada Ibu hamil diantaranya yaitu :

Hindari kafein

Kafein tersebut tidak hanya dihindari oleh ibu yang sedang hamil namun pada semua  orang tidak boleh mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak. Sebaiknya tidak mengkonsumsi kafein pada waktu hamil terlebih dahulu karena akan berpengaruh pada kesehatan janin. Efek samping kafein bisa mengakibatkan jantung berdenyut dengan cepat.

Tidak mengkonsumsi makanan yang mengakibatkan tekanan darah naik

Misal tidak boleh mengkonsumsi banyak obat kecuali ada obat khusus resep dari dokter. Jika hipertensi pada ibu tersebut bisa ditangani dengan cara yang lain tanpa mengkonsumsi obat-obatan maka lebih baik hindari obat terlebih dahulu. Ada beberapa jenis makanan yang dapat menurunkan tekanan darah seperti :

  • Kedelai
  • Sayuran
  • Susu yang bebas dari lemak
  • Pisang
  • Timun
  • Blewah
  • Yoghurt
  • Kentang
  • Tomat dan sebagainya.

Tidak terlalu banyak fikiran agar mencegah terjadinya stress

Stress dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit pada ibu hamil seperti dapat berpengaruh pertumbuhan janin serta dapat menambah tekanan darah sehingga dapat mengakibatkan hipertensi. Cara mengatasi stress mulailah dengan pola pikir yang baik dan positif  agar kondisi ibu dan janin lebih nyaman.

Boleh diet jika dianjurkan oleh dokter

Mengkonsumsi makanan yang tidak baik menyebabkan terjadinya hipertensi. Sebaiknya pada ibu hamil mengkonsumsi buah serta makanan yang tidak mengandung banyak lemak agar tidak terjadi penambahan berat badan.

Melakukan olahraga secara teratur

Berolahraga dengan baik dapat mengakibatkan kondisi badan terasa nyaman dan mengurangi terjadi hipertensi pada waktu hamil. Tidak ada yang tidak bisa dicegah saat mengalami hipertensi pada ibu hamil kecuali ibu tersebut tidak mau merawat kondisi kesehatannya dengan baik dan teratur. Cara mengatasi hipertensi pada waktu hamil yang sudah di jelaskan di atas sudah sangat membantu untuk terus menjaga kondisi kesehatan ibu dan janin.

Tinggalkan komentar