cara membuat website dari nol

Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula

Cara Membuat Website Dari Nol Bagi Pemula Website merupakan hal terpenting bagi kamu yang mempunyai bisnis dan ingin membuat profil online untuk meningkatkan bisnis kamu. Akan tetapi, bagaimana sih cara membuat dari nol?

Nah, artikel ini akan membahas tentang cara ini bagi para pemula yang ingin membuat website dengan tangan sendiri tanpa menggunakan jasa pembuatan website. Yuk simak di bawah penjelasan detailnya supaya kamu paham dan dapat membuatnya dengan apik. Perhatikan juga cara membuat website pribadi.

cara membuat website dari nol
cara membuat website dari nol

Tentukan tujuan kamu membuat website

Hal ini sangat penting karena apa pun yang didasari dengan tujuan yang pasti maka prosesnya akan berpengaruh terhadap hasil yang didapat. So, pastikan dulu tujuanmu dengan jelas misalnya tujuan kamu membuat website adalah untuk bisnis, atau website untuk toko online, website pribadi (portofolio), dan lain lainnya.

Tentukan platform website kamu untuk cara membuat website dari nol

Platform atau yang biasa disebut CMS (Content Management System). Adanya platform ini sangat membantu kamu yang tidak mengerti bahasa pemrograman atau coding. So, jangan lagi menganggap kalau membuat website harus pandai bahasa pemrograman atau coding karena hal tersebut busa digantikan dengan platform atau content management system.

Salah satu content management system yang dapat kamu pilih adalah WordPress. Platform satu ini tentunya sudah terkenal dan sangat cocok bagi para pemula agar cara membuat website dari nol yang dilakukan berhasil karena aplikasinya mudah diinstall, mempunyai komunitas yang besar dan sifatnya open source, juga sangat ideal bagi individu yang tidak terlalu paham akan dunia IT.

Register hosting dan nama domain saat cara membuat website dari nol

Apa sih hosting itu? Hosting yaitu server yang gunanya adalah menyimpan data website kamu secara online. Hosting ini sangat penting, jika kamu tidak cara membuat website dari nol, website kamu tidak akan bisa diakses oleh internet. Hosting yang baik adalah yang mempunyai tingkat keamanan tinggi, memiliki kecepatan loading yang baik, dan tentunya bisa digunakan 24/7.

Sebagai contoh, jika tujuan kamu membuat website adalah untuk bisnis dan branding maka domain yang kamu pakai harus yang profesional agar pembeli atau pelanggan yakin terhadap website kamu. Contoh domain yang profesional yaitu seperti .com, .net, .id, .org, .co.id, dan lain sebagainya. Oh iya, nama domain diusahakan terdengar unik dan beda dari yang lain agar mudah diingat oleh pembaca. Hal ini nantinya akan berguna bagi traffic website yang kamu buat.

Instalasi dan pengaturan website

Sebelum kamu menginstall aplikasi untuk website, kamu wajib, nih, menginstall terlebih dulu Secure Socket Layer atau SSL. SSL ini berguna untuk mengamankan website kamu dan juga dapat membantu pekerjaan kamu agar efektif dan tepat guna. Mengapa demikian? Karena aplikasi – aplikasi yang akan diinstal untuk website kamu, akan dipindai terlebih dulu oleh Secure Socket Layer ini.

Akan tetapi, aplikasi yang dipindai adalah aplikasi yang diinstall sebelum penginstallan Secure Socket Layer ini saja, jadi jika ada aplikasi yang diinstal sebelumnya, tidak akan terpindai. Setelah itu, kamu tinggal menginstall wordpress lalu registrasi dan melakukan pengaturan di dalamnya. Berikut simak juga cara membuat website desa anti ribet.

Nah itulah beberapa cara bagi pemula yang tidak terlalu mengerti programming dan coding. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam membuat website yang bermanfaat bagi bisnis maupun portofolio kamu ya!

Tinggalkan komentar