cara membuat website desa

Inilah Cara Membuat Website Desa Dengan Mudah, Simak Yuk !

Inilah Cara Membuat Website Desa Dengan Mudah, Simak Yuk ! Potensi desa yang ada di Indonesia kini masih sangat besar dan memang sudah sebaiknya jika di kembangkan. Website desa termasuk salah satu hal yang sangat penting agar bisa menampilkan suatu informasi mengenai desa secara online.  Sebelumnya memang tidak banyak  desa yang menggunakan website ini untuk mengembangkan desanya.

Hal ini mungkin karena terjadinya kendala yang tidak bisa di atur dalam menggunakan domain yang sesuai. Apalagi sekarang domain go.id yang di miliki pemerintah hanya bisa di gunakan untuk tingkat kabupaten/kota saja. Jadi untuk website pada desa tidak bisa menggunakan ini. Namun, muncul pula undang-undang mengenai desa yang membahas tentang bagaimana membangun website desa yang mungkin tidak menjadi hal yang sulit lagi. Simak cara membuat website di ig.

Apalagi saat ini sudah di tentukan domain untuk cara membuat website desa yang beupa desa.id. Apalagi jika di lihat dari ketersedian dana desa yang sudah cukup mumpuni pasti akan gampang untuk membuat website online.

cara membuat website desa
cara membuat website desa

Inilah cara membuat website desa yang cukup mudah

Namun, hal tersebut malahan tidak di manfaatkan dengan baik dan memang belum tampak maksimal. Faktanya juga sekarang beberapa persen saja desa yang ada di Indonesia sudah mempunyai website. Artinya, potensi desa yang ada di Indonesia memang banyak yang tidak di gali dengan baik. Untuk kalian yang belum mengetahui langkah dalam membuat website desa, bisa disimak ya :

cara pertama

Pertama, kalian bisa mencobanya cara membuat website desa dengan mendaftarkan domain desa kalian dengan desa.id. Yang memang harus dilakukan pada aparat yang sudah di tunjuk dengan surat kuasa yang ada. Kemudian kalian bisa berkoordinasi dahulu kepada pemerintah desa sekitar.

Lalu kalian juga bisa mengikuti langkah-langkah untuk bisa masuk ke halaman pada domain.go. id-nya. Selanjutnya, kalian bisa login jika memang sudah mempunyai akun. Namun, jika belum kalian bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu agar nantinya bisa masuk ke langkah selanjutnya.

Kalian bisa mengikuti semua tahapan cara membuat website desa yang sudah ada dengan adanya pembuatan akun. Setelah semua selesai kalian bisa mengklik submit. Nantinya kalian akan di minta untuk menunggu proses verifikasi data sampai sekitar 4 hari.

Dan untuk email verifikasinya nantinya akan di kirimkan melalui PNSmail milik kalian. Setelah nantinya kalian berhasil login, kalian berhak memilih menu pendaftaran domain. Kemudian, kalian bisa mengecek ketersediaan nama domain desa.id yang nantinya kalian gunakan.

cara lainnya

Selanjutnya, mungkin kalian bisa memilih layanan hosting yang ada di Indonesia. Agar bisa memastikan domain desa yang sudah di verifikasi sebelum kalian bisa masuk ke langkah yang nantinya untuk memilih layanan hosting. Hal ini juga sangat penting sekali  karena setiap tahapan cara membuat website desa untuk berlangganan hosting memang membutuhkan nama domainnya. Hosting ini memiliki fungsi untuk menyimpan segala macam file yang akan di gunakan pada server.

Sehingga nantinya website yang kalian miliki dapat di akses secara online. Untuk ketentuannya sendiri, kalian hanya bisa menggunakan layanan untuk hosting yang berada pada wilayah indonesia saja. Karena nantinya sebagian dari pengunjung juga memang berasal dari Indonesia juga. Dengan menggunakan server yang ada maka nantinya banyak memberikan kecepatan dan juga kemudahan akan akses website desa yang kalian miliki.

Demikianlah, informasi yang dapat di sampaikan mengenai cara pembuatan. Semoga apa yang sudah di sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semuanya.

 

Tinggalkan komentar